Sunday, February 1, 2015

Penyebab Munculnya Jerawat



galizsa.blogspot.com

Yang paling berperan dalam hal mengatasi jerawat adalah faktor makanan dan aktifitas setiap harinya. Ketahui terlebih dahulu sebab – sebabnya kemudian cari cara mengatasinya sesuaikan dengan jenis kulit wajah anda.
Jerawat adalah suatu keadaan ketika pori-pori kulit  tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Tidak ada satu orangpun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya. Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit.
Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres. Untunglah, segudang senajata untuk melawan kini sudah semakin kuat dan jauh lebih efektif daripada sebelumnya.
Penyebab munculnya jerawat adalah :
  1. Produksi minyak berlebihan.
Jerawat tidak melulu muncul karena kotor, tetapi lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak, atau sabun di kulit berkolaborasi dengan bakteri.
  1. Sel-sel kulit mati. 
Umumnya, jerawat disebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak karena giat memproduksi hormon androgen. Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah sabun yang sudah meningkat itu, campuran yang tebal dan lengket itu dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih. Banyak yang beranggapan bahwa jerawat hanya menyerang muka. Akan tetapi faktanya jerawat juga bisa menyerang bagian tubuh lain, seperti dibagian punggung, dada, dan lengan atas.
  1. Bakteri
    Yang membuat masalah semakin rumit, bakteri biasanya ada di kulit, yang disebut p. acne yang cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawat batu jenis yang paling mungkin, yaitu jerawat yang meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen.
  2. Tingkat stress 
    Benarkah stress bisa menyebabkan timbulnya jerawat? Memang tidak secara langsung stress itu menyebabkan penyakit ini. Namun faktanya, ada hormon tertentu yang keluar saat seseorang sedang stres, yang memungkinkan tumbuhnya jerawat. Pola makan ketika seseorang sedang stress itulah yang bisanya tidak teratur dan cenderung makan makanan yang manis dan berlemak sebagai pelarian terhadap stress itu. Untuk itu jagalah pikiran anda dari hal –hal yang memudahkan untuk jerawat bertumbuh.