Sunday, February 1, 2015

PENYEBAB JERAWAT PADA WAJAH



galizsa.blogspot.com

Tidak banyak orang yang memahami jerawat ini.karena kebanyakan sudah sibuk duluan dengan berbagai macam obat baik yang dikonsumsi dari dalam dengan meminum vitamin, maupun yang dikonsumsi dari luar dengan cara dioles.
Kepanikan dalam menangani jerawat ini menyebabkan langkah –langkah yang kita ambil sering kali tidak benar. Cara – ara yang kita tempuh kadang – kadang tidak membuahkan hasil bahkan malah merusak kulit wajah kita sebagai asset utama dalam hal penampilan. Untuk itu kenali dulu hal – hal mendasar mengenai kulit wajah anda, sebab – sebab munculnya jerawat da bagaimana mengatasinya sesuai dengan kulit wajah anda.
Jerawat adalah benjolan-benjolan yang terjadi pada kulit wajah yang timbul akibat terjadinya peradangan dari kelenjar unit pilosebaseus dan disertai adanya penyumbatan keratin pada kulit, Jerawat terjadi dan dan disertai adanya keratin yang terlepas dan tertumpuk di kulit yang menyebabkan tersumbatnya muara kelenjar unit pilosebaseus. Secara umum penyebab jerawat pada wajah adalah :
  1. Kelebihan produksi kelenjar minyak
  2. Penyumbatan saluran pembuangan kelenjar minyak pada permukaan kulit
  3. Bakteri yang menyebabkan terjadinya infeksi.

Mencegah terjadinya jerawat pada wajah adalah:
  1. Perbanyak minum air putih
  2. Banyak mengonsumsi makanan segar dan alami
  3. Hindari makanan yang mengandung bahan pengawet
  4. Olahraga secara teratur
  5. Hindari alkohol dan rokok
  6. Gunakan sabun pencuci wajah yang sesuai dengan jenis kulit
  7. Jangan menggunakan make up yang berlebihan
  8. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A (wortel, ubi jalar, bayam, kol peterseli, dan apricot).
  9. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B2 (ikan, susu, daging, telur, sayur hijau, dan buah)
  10. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B3 (telur, kacang tanah, daging dan hati)
  11. Banyak mengonsumsi vitamin C dan makanan yang mengandung zinc
  12. Hindari stress
  13. Rajin berolahraga
  14. Hangan memegang jerawat dengan tangan kotor
  15. Hindari paparan sinar matahari secara langsung
  16. Obati dengan obat jerawat.
Perawatan untuk mengatasi penyebab jerawat pada wajah adalah dengan mencuci lobak secukupnya, kemudian parutlah lobak tersebut dan ambil airnya. Tambahkan cuka apel sedikit dan campur hingga rata. Oleskan pada jerawat, diamkan hingga mongering. Setelah kering, bersihkan dengan air. Lakukan secara rutin hingga jerawat teratasi. Ada juga masker alami yang dapat membantu menghilangkan jerawat adalah :
Bahan: ½ apel, ½ buah jeruk lemon yang diperas airnya, beberapa tangkai selederi.
Cara membuat masker adalah : belender apel dan beberapan tangkai selederi, lalu tambahkan perasan air jeruk leom. Oleskan masker tersebut pada jerawat. Diamkan hingga mengering. Lalu bilas bersih. Selederi bermanfaat untuk membantu mengurangi pembengkakan jerawat.
Ada juga obat jerawat yang lain yaitu :
  1. Sulfur atau belerang endap, hal yang harus diperhatikan adalah hindari kontak dengan mata, mulut dan mukosa. Sudah ditinggalkan penggunaannya kerena tersedia obat yang lebih efektif. Kegunaan obat adalag germisida, fungisida, parasitisida, keratolitik, efek samping iritasi kulit. Aturan pemakaian dapat dilakukan dengan dioleskan pada kulit yang berjerawat
  2. Resorsinol, hal yang harus diperhatikan adalah jangan digunakan jangka lama, karena dapat mengganggu fungsi tiroid. Jangan digunakan keseluruh wajah, hanya digunakan pada jerawat. Kegunaan obat adalah antifungi, antibakteri, kerratolik. Cara pemakaian dioleskan pada kulit yang berjerawat.
Hasil dari cara – cara diatas akan berbeda bagi seseorang maupun orang lain. Ini dikarenakan tiap orang memilikimotivasi yang berbeda yang menyebabkan kesungguhan dalam mengatasinya juga berbeda. Dan kulit wajah anda juga menentukkan car aapa yangpaling efisien untuk mengatasi jerawat pada wajah anda. Ingat hahwa setiap kulit ajah emiliki cara khusus dalam memerangi atau mengatasijerawat. Maka yang paling baiks ebenarnya adalah langkah pencegahan terhadap jerawat itu sendiri.