Sunday, February 22, 2015

6 Langkah Gaya hidup Sehat

galizsa.blogspot.com

Mungkin anda pernah atau sering dengar tentang gaya hidup sehat. namun pada prakteknya tidak semua yang kita lakukan belum tepat dikatakan sebagai gaya hidup sehat. jika anda melakukan beberapa hal dan dapat menghindari penyakit Jantung dan berhasil menekan tingginya angka kolesterol dalam darah,  maka boleh dibilang anda telah melakukan apa yang dimaksud gaya hidup sehat.
Ada 6 Cara dalam menerapkan pola gaya hidup sehat untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan kolesterol pada perempuan.
serangan jantung pada wanita muda bisa dicegah jika mau mengikuti sejumlah praktik gaya hidup sehat . Penelitian yang melibatkan hampir 70.000 wanita selama dua dekade mendokumentasikan semua kasus penyakit jantung dan kematian yang terjadi pada peserta selama masa studi, dan setiap dua tahun peneliti  melihat 6 aspek gaya hidup pada perempuan : 
  • mer*kok
  • konsumsi alk*hol
  • indeks massa tubuh (BMI)
  • aktivitas fisik
  • kebiasaan menonton TV, dan 
  • kualitas diet.
Kata seorang peneliti di Indiana University School of Public Health-Bloomington, mereka melakukan studi ini untuk mencari tahu kontribusi apa dalam kasus penyakit jantung yang bisa dikaitkan dengan kebiasaan yang tidak sehat.
Secara umum risiko orang meninggal akibat penyakit jantung di AS telah menurun selama beberapa dekade. Tapi wanita usia 35-44 belum menunjukkan penurunan yang sama seperti pda kelompok lain, dan peneliti berpikir bahwa perbedaan ini bisa dijelaskan oleh pilihan gaya hidup.
Kebiasaan yang sehat itu menurut peneliti
Pada awal penelitian, para wanita peserta yang berusia rata-rata 37 tahun, serta orang-orang yang mengembangkan penyakit jantung selama masa studi melakukannya rata-rata pada usia 50. Para peneliti mendefinisikan untuk menjadi sehat perlu melakukan 6 kebiasaan, yaitu: 
  1. tidak mer*kok, 
  2. mengkonsumsi tidak lebih dari satu minuman beralk*hol setiap hari, 
  3. memiliki BMI normal (18,5 – 24,9), 
  4. berolahraga minimal sebanyak 2,5 jam setiap minggu, 
  5. membatasi menonton TV hingga 7 jam seminggu, dan 
  6. mengkonsumsi makanan yang kaya akan sayuran dan biji-bijian, serta mengurangi daging merah, biji-biiian olahan, dan mengurangi gula.
Para peneliti menemukan bahwa wanita yang menerapkan kebiasaan yang sehat dalam enam aspek gaya hidup diatas memiliki risiko 92% lebih rendah terkena serangan jantung, dan 66%  lebih rendah resiko mengembangkan faktor resiko untuk penyakit jantung – seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, kolesterol darah tinggi – jika dibandingkan dengan wanita yang menjalani 6 langkah kebiasaan tidak sehat.
Peneliti mengungkapkan bahwa hasil penelitian juga menunjukkan bahwa 3/4 dari kasus serangan jantung pada wanita dalam rentang usia ini, dan hampir setengah dari semua faktor risiko yang ada pada peserta bisa dicegah jika mereka sudah menjalani gaya hidup sehat.

Faktor untuk resiko penyakit jantung
Menjalani gaya hidup sehat dengan cara makan sehat dan berolahraga lebih sering direkomendasikan pertamakali untuk orang-orang dengan gula darah tinggi, kolesterol tinggi atau faktor risiko lain terhadap penyakit jantung. Sejalan dengan saran tersebut, ketika para peneliti memeriksa wanita yang sudah mengembangkan faktor risiko untuk penyakit jantung (bukan yang benar-benar memiliki serangan jantung), mereka menemukan bahwa wanita yang mengikuti setidaknya empat langkah gaya hidup sehat lebih rendah risiko mengembangkan penyakit jantung secara nyata, jika dibandingkan dengan wanita yang tidak melakukan bagian rekomendasi dari kebiasaan yang sehat.
Wanita harus mulai mengikuti langkah pelaksanaan gaya hidup ini sejak awal, terutama jika sudah mengambil obat untuk faktor risiko seperti hipertensi atau kolesterol tinggi,. Ini adalah cara paling mudah untuk mencegah masalah jantung di kemudian hari.
ingat mencegah akan lebih baik daripada mengobati. namun disini dibutuhkan kedisipinan yang tinggi dan rutinitas yang terkadang sangat membosankan dan membuat banyak orang gagal dalam menerapkan gaya hidup sehat .

baca juga 11 makanan yang tidak sehat